Cruise Mahakam di Kota Samarinda

Dan akhirnya crusie Mahakam bisa saya nikmati setelah disaat lagi senang2nya saya bertugas di Balikpapan, rupanya sudah dipanggil pulang untuk bertugas di homebase Jakarta.

Jadi ceritanya, setelah perjalanan weekend kami di Kota Samarinda dan Tenggarong berakhir, setelah itu kami belum sempat lagi ke kota tersebut, sebenarnya ada 1-2 kali kunjungan ke Kota Samarinda namun lebih kepada urusan pekerjaan sehingga tidak sempat menikmati Kota Samarinda lebih lama.

Sampai pada suatu sore di bulan Oktober 2019, ketika saya hendak olahraga, seperti biasa pulang kantor, saya istirahat kemudian setelah shalat maghrib saya ke Pentacity atau Global Sport untuk gym, bukan menjadi kebiasaan saya ketika berkendara motor membuka handphone entah untuk menerima panggilan telepon atau membaca whatsapp yang masuk, tetapi entah kenapa sore itu apple watch saya bergetar terus menerus seperti ada whatsapp yang masuk bertubi-tubi dan itu memicu rasa penasaran saya, ada apa gerangan?

Sesaat di lampu merah saya coba buka handphone saya dan seketika itu juga saya membaca banyaknya kalimat ucapan selamat yang ditujukan ke saya, antara bingung dan penasaran saya buka whatsapp group kantor dan antara percaya dan tidak percaya saya dimutasi pindah ke Jakarta, antara sedih dan senang tiba2 membuat saya tidak bernafsu untuk berolahraga dan ingin segera kembali ke kamar kost.

Dan malam itu adalah malam penuh dengan ucapan selamat serta kesibukan membalas ucapan selamat kepada saya. 1 tahun 2 bulan saya diberi kesempatan bertugas di Kota Balikpapan, masa tugas tersingkat yang pernah saya rasakan dari sekian kantor yang pernah saya singgahi, btw Kota Balikpapan adalah salahsatu kota yang saya ingin sekali bertugas dan tinggal disana dan Alhamdulillah Allah mengabulkan doa saya bisa bertugas disana.

Hari terus berganti dan rasa rindu akan suasana Kota Balikpapan dan Samarinda masih membekas di benak saya, sering berfikir keinginan untuk sekali lagi jalan2 di sana tetapi saya belum mendapatkan moment yang baik untuk itu.

Ada kesempatan ke Balikpapan dibarengi dengan moment event lari Balikpapan Marathon di awal April 2020, namun krn kehabisan early bird slot saya jadi malas karena slot normal harganya masih belum sesuai dengan budget saya. Dan saya tetap terus berharap ……

sampai akhirnya datanglah moment baik itu, ada undangan pernikahan staff kantor saat bertugas di Penajam Balikpapan, acaranya di Samarinda, pucuk dicinta ulam tiba fikir saya. Selekasnya saya diskusikan dengan teman2 jalan untuk mengatur kembali rencana jalan2, kali ini kami sepakat untuk ikut cruise Mahakam yang dilaksanakan pada sore sampai malam hari.

Karena yang diundang juga teman2 kantor, otomatis saya akan bertemu dengan teman2 kantor lama dan setelah berdiskusi akhirnya semua berkeinginan mengikuti crusie Mahakam pada sabtu sore.

Sabtu pagi saya sudah tiba di Bandara Sepinggan, setelah itu saya ke KPP Pratama Penajam untuk istirahat sebentar dan bersih2, disana juga saya kembali bertemu dengan teman2 kantor termasuk kepala kantor, sesuai jadwal kami bergerak menuju Samarinda pukul 10 dan tiba di Samarinda tidak lama kemudian.


Setelah makan siang, kami beristirahat sebentar di penginapan, lalu jam 16:30 wita kami bergerak menuju dermaga wisata Mahakam hilir untuk mengikuti wisata cruise Mahakam yang dimulai pukul 17:00 wita, perjalanan estimasi memakan waktu selama 2,5 jam.


Lokasi dermaga tentunya di tepi sungai Mahakam, kurang lebih di seberang Kantor Gubernur Kaltim persisnya, tiket cruise seharga Rp 50.000,- per penumpang dewasa.




Jadwal berlayar hanya ada di hari sabtu dan minggu, dalam satu hari hanya ada dua kali pelayaran, satu yang kami ikuti adalah yang hari sabtu sore dimulai jam 17:00. Jadwal kapal tersedia di dalam dermaga, hanya ada dua kapal, satu untuk jadwal pertama, satunya untuk yang jadwal berikutnya.






Langit tampak gelap sekali di depan mata, dari kejauhan terlihat jelas daerah2 yang sedung turun hujan, kami berdoa agar pelayaran kami tidak terganggu hujan, dan akhirnya meski agak molor sedikit dari jadwal, akhirnya kapal mulai berjalan, tujuan pertama kapal akan berlayar menuju jembatan mahkota 2 kemudian memutar balik terus menuju Big Mall Samarinda dengan melewati Jembatan Mahakam yang baru yang berada persis di depan Hotel Harris Samarinda.




Sepanjang pelayaran kita akan menemui model rumah panggung tepi sungai, lengkap dengan aneka aktivitas masyarakat disana, ada yang berenang, mandi dan mencuci, entah apakah termasuk urusan buang air besar disitu juga, karena saya tidak Nampak aktivitas yang satu itu.






Air sungai berwarna coklat, tidak berbau, bersih dari sampah plastic dan semacamnya namun tidak sedikit ditemukan potongan-potongan kayu yang mengambang sepanjang sungai.







Sampai di jembatan mahkota dua, hari masih terang, namun sudah menjelang maghrib, ketika perahu memutar balik ke arah kembali, hari makin gelap dan maghrib sudah datang, lampu2 jalan dan gedung sepanjang jalur mulai menyala sampai akhirnya kami mendekati Islamic Center Samarinda, langit sudah gelap, adzan maghrb belum lama berlalu, jembatan Mahakam yang baru sudah mulai nampak dengan warna-warni lampu hiasnya yang menambah cantik pemandangan.





Kami terus berlayar melewati jembatan tersebut sampai mendekat ke Big Mall Samarinda, dan tidak lama kemudian kapal kembali memutar arah melewati jalur yang sudah kami lewati tadi, sampai kembali melewati Islamic Center adzan isya berkumandang dan akhirnya sekira pukul 20:00 wita pelayaran kami berakhir dan semua penumpang turun dengan rasa bahagia, Alhamdulillah langit cerah sepanjang hari.





  

Setelah itu kami mampir ke daerah samping Islamic Center untuk menikmati kuliner duren yang terdiri dari 3 macam, Durian, Lay dan Kartongan.


Sampai semuanya kenyang dan lelah, kami kembali ke penginapan masing-masing untuk beristirahat karena besok paginya akan menghadiri undangan pernikahan.




Demikian perjalanan reuni saya dengan teman-teman kantor pajak Penajam sekaligus memuaskan hati saya yang bisa kembali ke Balikpapan dan Samarinda.

Komentar

  1. Ada yg happy bgt bisa main ke Balikpapan lg...hi.hi 🤭😅😂

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah yah, moment-nya pas banget bisa jalan2 di Balikpapan lagi :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berlari