Jumat, 19 Juli 2019

Solo Traveling Eropa Balkan - Athena, Yunani (2)


Esok harinya sengaja saya keluar dari penginapan agak siang, karena tidak banyak lokasi yang akan saya kunjungi, selain itu enaknya jika traveling di musim semi, siang hari lebih panjang waktunya daripada malam, udaranya pun sangat sejuk, tidak panas dan bikin gerah.

Hari ini saya mengunjungi kawasan Syntagma Square, dari penginapan tinggal lurus saja jalan kaki akan nampak Syntagma square, sepanjang jalan menuju kesana, di kiri dan kanannya adalah jejeran toko yang menjual aneka barang dagangan atau makanan, sangat ramai pejalan kaki, karena lokasi tersebut dikhususkan untuk pejalan kaki, tidak boleh ada kendaraan bermotor yang lewat.

Di Syntagma Square ada ritual pergantian penjaga Monument of Unknwon Soldier, yang katanya untuk menghormati para pejuang yang tidak dikenal yang berjuang untuk Yunani, dengan pakaian yang khas dan upacara pergantian yang menjadi daya tarik turis untuk dilihat, setelah upacara selesai, turis boleh berfoto bersama penjaga yang baru bergantian bertugas dengan tidak mengganggu petugas tersebut. Lokasi monument itu sendiri berada di depan Gedung helenic Parlement.





Selesai dari Syntagma Square, saya kembali menyusuri jalan menuju Acropolis Compleks yang kemarin saya lewati, jalurnya juga melewati Gerbang Hadrian dan Olympian Zeus lalu Museum Acropolis, dan syukurnya saat itu antrian masuk tidak se-ramai kemarin, mungkin juga saya memang tepat mengambil waktu berkunjung bukan disaat waktu yang sangat padat pengunjung.

Tiket masuk ke dalam Acropolis sebesar 20 euro, di dalam komplek acropolis yang ada diatas bukit ini, berdasarkan peta yang saya dapat  terdapat beberapa bangunan bersejarah, namun ketika saya coba lhat satu per satu, kebanyakan sudah berupa puing atau pondasi saja, yang paling ikonik hanyalah bangunan Parthenonas, bangunan kuil Athena yang dibangun abad 5 SM, yang menjadi ikon wisata Yunani.















Setelah mengamati dan mengambil beberapa foto, tidak lama sama turun untuk kembali ke Monastiraki, saya sempatkan naik ke atas gundukan batu dimana banyak sekali orang naik ke atas, rupanya pemandangan dari atas sangat menyenangkan, bisa melihat Komplek Agora, Hadrian’s Library, Museum Arkeologi dan Monastiraki Square lebih luas.



Sisa hari saya habiskan dengan menikmati suasana di Monastiraki Square.
Lanjut ke Serbia …..
 



2 komentar:

Weekend ke Pasar Lok Baintan di Banjarmasin

Jantung saya berdebar dengan keras tatkala melihat penujuk waktu di tangan sudah menunjukan pukul 17:20 dan saya baru sampai di parkiran...