Japan Trip - Pengalaman Naik Kereta Shinkansen


Selama melakukan perjalanan di Jepang, gue beberapa kali menggunakan kereta shinkansen, kereta super cepat, atau bullet train, yang paling dibanggakan orang Jepang, karena memang kecanggihannya.


Model keretanya memang unik, depannya gak kotak seperti kereta pada umumnya, namun berbentuk seperti ada moncongnya. Warnanya putih bersih, jalannya sangat cepat sekali, sehingga sangat membantu memperpendek atau mempersingkat waktu perjalanan antar kota, terutama yang jaraknya jauh.


Perjalanan ke kota2 yang ada di Jepang yang gue kunjungi macam dari Osaka ke Hiroshima dan sebaliknya, Kyoto ke Tokyo, itu yang jika kita gunakan bus bisa belasan jam baru sampai, ataupun dengan pesawat bisa lebih cepat, namun sepertinya tidak lebih praktis jika menggunakan shinkansen ini, dengan menggunakan shinkansen bisa jauh lebih cepat dan lebih hemat.

Video kedatangan kereta


Jika kita punya JR Pass, akan sangat membantu sekali menghemat biaya tiket perjalanan, karena hampir semua perjalanan dengan shinkansen ter-cover JR Pass, kecuali shinkansen jenis Nozomi, entah kenapa, mungkin karena dikelola oleh swasta sehingga tidak ter-cover. Karena gue punya JR Pass, gue manfaatin deh bolak balik Osaka-Hiroshima-Osaka, lalu Kyoto-Tokyo, dan Tokyo-Osaka-Tokyo, pernah juga waktu gue ke Nikko menggunakan Shinkansen.

Foto JR Pass



Ruangan di dalam shinkansen juga sangat nyaman, tempat duduk ada yang dua seat, ada yang tiga seat, dengan jarak antara dengkul/lutut ke kursi d depannya punya jarak yang lebar sehingga kita tidak merasa kesempitan saat menikmati perjalanan, selain itu ada fasilitas meja jika kita hendak meletakkan makanan atau minuman, atau bekerja selama perjalanan, charger listrik, gantungan jaket atau blazer dan sebagainya.





Ada dua type gerbong kereta, type yang pertama yg khusus untuk mereka yang memesan nomor seat, type yang kedua adalah yang tiket tanpa nomor seat, sehingga yang tiket tanpa nomor tempat duduk, ketika kita masuk ke dalamnya segera bergegas untuk mencari best seat, PW untuk menikmati perjalanan, namun jangan kepikiran rebutan kursi kereta kek di negara kita yah, di sini rame tapi tetap tertib.

Billboard petunjuk informasi kereta shinkansen, sangat lengkap


Trek/jalur kereta shinkansen berbeda dengan jalur/trek kereta lainnya, karena memang memerlukan jalur khusus sehingga tidak mengganggu jalur kereta yang lain dan menjaga ketepatan dan kecermatan estimasi perjalanan dengan shinkansen, namun demikian semua perjalanan kereta di Jepang tepat waktu. Jaminan deh.




Posisi menunjukan pintu dari masing2 jenis shinkansen yang berhenti, jumlah gerbong dan nomor gerbong di posisi tersebut, dan itu sangat jelas, tidak akan salah posisi kereta berhenti dengan posisi informasi di lantai tersebut.




Begitulah kira2 cerita pengalaman menggunakan shinkansen, akan lebih berasa nikmatnya jika merasakan pengalaman langsung naik shinkansen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berlari